Pages Navigation Menu

Wujudkan Pelayanan Akademik yang Bermutu, Universitas Riau Laksanakan Pelatihan SIA dan PDPT Bagi Operator Fakultas

Wujudkan Pelayanan Akademik yang Bermutu, Universitas Riau Laksanakan Pelatihan SIA dan PDPT Bagi Operator Fakultas

akademik.unri.ac.id “Sistem Informasi Akademik (SIA) ini merupakan sistem Informasi Akademik yang dibuat sebagai sarana dalam memberikan kemudahan kepada user yang ada dalam kegiatan administrasi akademik secara online. Oleh karena itulah jika terdapat keterbatasan pada pengolahan data dan alur-alurnya yang menyebabkan pekerjaan yang seharusnya sudah bisa dilakukan dengan mudah dan dengan waktu yang singkat justru semakin lama dan dipersulit, maka itulah yang akan kita evaluasi.”

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Thamrin MSc saat memberikan arahan sekaligus membuka Kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Akademik (SIA) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) yang diselenggarakan oleh Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Universitas Riau (Unri), tanggal 22-23 Maret 2018, di Ballroom Hotel Alfa Pekanbaru.

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Menurut Thamrin, pelatihan ini sangat perlu dilaksanakan karena akan menambah keahlian dari pada staf dan operator yang ditugaskan untuk mengelola SIA pada masing-masing fakultas yang ada di lingkungan Unri. “Penggunaan sistem informasi akademik ini sangat membantu proses kerja dalam sebuah perguruan tinggi atau akademik dalam memberikan informasi dan pelayanan lebih mudah dan jelas.  Sehingga untuk menjalankan sistem ini perlu keahlian para operator untuk menjalankan sistem ini agar sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan,” jelas Thamrin.

Sistem yang ada pada SIA ini, lanjut Thamrin, tentu akan membantu dalam pengelolaan data, misalnya saja proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), kurikulum, jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), nilai, pengelolaan data dosen, mahasiswa, dan sebagainya. Jika operator sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan sistem ini, maka diharapkan kedepannya pelayanan bisa lebih mudah dengan waktu yang sangat singkat.

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Azhar Kasymi SH, mendorong pegawai yang bertugas dalam memberikan pelayanan akademik untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal ini berkaitan dengan beberapa pengaduan masyarakat akhir-akhir ini sebagian besar terkait persoalan pelayanan bidang akademik.

“Pada zaman sekarang ini, masyarakat sudah bisa dengan cepat dapat melaporkan, menyampaikan saran, maupun keluhan langsung kepada pemerintah pusat dalam hal ini presiden, jika pelayanan kita tidak sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditentukan. Mudah-mudahan, dengan adanya pelatihan ini, kita berharap Unri dapat mewujudkan pelayanan akademik yang prima dan bermutu, seperti yang kita harapkan bersama,” harap Azhar. (mukmin. foto:rizki)***

id_IDBahasa Indonesia